Monday, November 29, 2010

Karimun Jawa

Awesome!
Really, really an amazing trip!


Well, pergi ke Karimun Jawa sudah menjadi rencana saya sejak mendengar nama pulau itu dari salah seorang teman sekitar awal tahun 2010. Trus sekitar 1 bulan kemudian, salah satu temen di Twitter bolak-balik update status roadtwitnya tentang karimun jawa. Sumpe, bikin ngiri poL!
Pada waktu yang bersamaan, temen yang laen yang lagi dekat dengan saya waktu itu ngomongin Karimun Jawa. Berawal dari rasa iri dan penasaran tersebut, finally iseng-iseng googling (mbah google memang bisa diandalkan) karimun jawa, and I found some pictures that hipnotized me dan info-info backpacking atau travelling ke sana. Di sini nih liatnya http://www.karimunjawa-islands.info/ I'm sure you'll drooling when you open up that link. hehehe


Di web itu sudah tersedia lengkap pilihan trip ke sana. Then, i decided. Suatu saat saya wajib ke sana! Its a Must!!
Stelah memantabkan hati, saya dan teman-teman berniat ke sana waktu bulan oktober. ternyata rencana tanpa realisasi=Hoax.


Pas cari teman lain buat berangkat, ada teman yang temannya nyari orang buat berangkat ke KarimunJawa.
Without a Doubt, Saya Ikutaaaan!!!
Gak kenal, gak pernah ketemu, langsung transfer, berdasar kepercayaan dan saking girangnya pengen berangkat.
Meeting Point untuk temen-temen dari surabaya dan sidoarjo adalah Terminal Purabaya >> as known as Terminal Bungurasih Jumat 19.00 WIB


Saya bertemu dengan teman-teman baru: Mbak Vita, Mbak Dian, Mas Edy, Mas Asri, Mas Huda dan teman saya Oppie.
Bus ke Jepara memang berangkat malam hari pukul 20.00. Believe me, jam ngaret Indonesia masih berlaku. Kita baru berangkat ke Jepara jam 21.00.
Harga Bus Surabaya-Jepara: Rp. 68.000,- kurang lebih 6-7 jam perjalanan.
Enaknya berangkat malam hari >> langsung tidur, bangun-bangun udah nyampe terminal. kepotong waktu makan sebentar sih di tengah perjalanan.


Tips: untuk yang tidak terbiasa naik kendaraan umum atau perjalanan jauh, better 4 you to drink something which is help you to sleep well. misalnya antimo, antangin ato apa gitu.


Sampai di terminal Jepara pukul 04.00 langsung sholat subuh. Karena kapal untuk nyebrang ke Karimun Jawa baru pukul 09.00, silakan sarapan dulu, mandi dulu (buat yang gak betah dengan keringat dan bau badan), ato sight seeing di daerah Jepara. Jarak dari terminal ke Pelabuhan Kartini kira-kira 1,5-2Km. Kalau gak keberatan, silakan jalan. Naek becak: Rp. 10.000 - 12.000. Tawarlah harga becak jika mereka menawarkan lebih dari itu.


KM Muria adalah kapal ferry untuk menyebrang ke Karimun Jawa dengan waktu tempuh 6-7 jam. Harga tiket ekonomi kapal ini Rp 28.500,- Hmm..Kalau tidak salah Rp 60.000,- untuk VIP.
Di kelas ekonomi, banyak banget bangkunya dan terbuka langsung bisa liat view ke luar kapal. Siap-siap juga dengan suguhan non-stop lagu-lagu dangdut pilihan yang diputar selama perjalanan. Dugaan saya, kemungkinan penyebab mabuk laut di sini adalah salah satunya terlalu banyak mendengarkan dangdut kontemporer itu. Hahahahahha
Ini foto kapal KM Muria..


                            Photo by: Willy, Semarang


#Tips selama perjalanan di kapal:
1. Jangan sampai mati gaya, bikin game atau maen apa aja bareng temen better than you just stay and sit on your seat.
2. Di atas kapal ada Dek yang disediakan. Kalau pas gak panas, enak banget buat nyante sambil ngelamun atau have a chat with someone. Buat take a picture juga oke tuh.
3. Kalau mulai mabuk laut, tidur adalah hal terbaik!
4. Lagu-lagunya lama-lama enak juga kok buat di dengerin, dihafalin juga boleh.


                                          Foto Suasana kelas ekonomi KM Muria
                                          Photo by: Willy, Semarang

No comments:

Post a Comment