Monday, August 27, 2012

Getting Wild in Baluran National Park

The Skulls
Berwisata alam selalu menjadi hal yang menyenangkan bagi saya. Bersyukur saya tinggal di Indonesia dengan keindahan alamnya yang bisa dibanggakan. Jawa Timur adalah salah satu propinsi dengan obyek wisata alamnya yang Indah. Taman Nasional Baluran salah satunya. Taman Nasional ini berada di Jl. Raya Banyuwangi Situbondo Jawa Timur, sekitar 20 Km sebelum pelabuhan Ketapang. Gerbangnya terlihat dari sisi kiri jalan raya utama menuju Ketapang. Taman Nasional seluas 25.000 Ha ini cukup dikenal dengan sebutan Africa Van Java karena kondisi alamnya yang terlihat seperti hutan dan savana di benua Afrika.
Baluran, Africa Van Java
Pergi ke sini ternyata cukup mudah karena lokasinya berada di jalur utama Surabaya-Bali di jalur darat. Kita bisa mencapainya dengan bus atau kendaraan umum lain yang menuju Ketapang dan turun tepat di depan gerbang Taman Nasional Baluran. Jika ingin naik kereta, kita bisa turun di stasiun Banyuwangi dan melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum ke arah Surabaya. Kurang lebih 45 menit dari stasiun tersebut. Tapi memang lebih mudah jika kita menggunakan kendaraan pribadi, karena di area taman nasional tersebut akses dari satu lokasi ke lokasi lainnya cukup jauh. Pihak Baluran sebenarnya menyediakan kendaraan untuk berkeliling di dalamnya, namun terbatas dan harus memesan jauh hari untuk itu. Untuk masuk TN. Baluran tiap pengunjung dikenakan biaya Rp 2.500 dan Rp 6.000 untuk tiap kendaraan roda empat.
Baluran's Main Gate
Waktu itu saya, Intan, Ipunk, Oppie, Ajeng, Indra dan Susi memanfaatkan long weekend di bulan Mei untuk ke sana. Kami berangkat pagi hari dan sampai Baluran di siang hari. Enam jam perjalanan kami tempuh dari Surabaya. Sehari sebelumnya kami sudah memesan tempat menginap di dalam Baluran karena khawatir tidak dapat penginapan di hari libur tersebut. Ada dua macam penginapan yang disediakan pihak Baluran. Di Savana Bekol dan di Pantai Bama. Meskipun pengelolanya sama, harga dua penginapan tersebut berbeda. Harga per kamar di Bekol Rp 35.000,- per malam, sedangkan di Bama Rp 75.000,- per malamnya. Kantin yang menyediakan makanan hanya ada di satu tempat, di Pantai Bama tepatnya dengan harga yang cukup terjangkau serta makanannya yang cukup beragam. Jarak antara Bekol dan Bama adalah 3 Km. Dari gerbang masuk, lokasi Bekol lebih dahulu kita jangkau sebelum Bama.
Welcome To Baluran!!!
Pertama masuk area ini kami langsung menuju ke pusat informasi untuk membeli karcis dan bertanya beberapa hal mengenai Taman Nasional ini. Setelah itu baru kami lanjutkan ke Savana Bekol. Jarak Pusat Informasi ke Bekol kurang lebih 12 Km dengan akses yang tidak begitu mulus. Kami melewati beberapa spot seperti sumur tua, Evergreen Forest sebelum sampai di Bekol. Tidak jarang kami temukan binatang-binatang seperti monyet, ayam hutan, burung merak berkeliaran dengan bebas di sana. Binatang yang cukup menjadi andalan taman nasional ini adalah rusa dan banteng. Mereka punya sifat malu ternyata. Hanya di jam-jam tertentu mereka manampakkan diri dengan bergerombol. Di siang dan malam hari banyak rusa dengan bebas mencari makan di savana Bekol.
Evergreen Forest
Bekol Savanna
Lompatan Bekol
Warna-warni. Ipunk, Me, Oppie, Ajeng, Intan, Susi, Indra (ki-ka)
Kayak gambar di windows yaa
The Deers. by Intan
Monyet Liar di sepanjang jalan
Pantai Bama terkenal dengan sunrisenya. Di sana kita bisa snorkeling, diving atau hanya bermain di tepi pantainya. Kita juga bisa tracking di dalam hutan sana. Sayangnya, waktu kami ke sana tidak bisa menikmati aktivitas bird watching karena sehari sebelumnya hujannya cukup deras hingga banyak pohon yang tumbang menutup akses ke sana. Jalur trackingnya sudah cukup bagus dan sudah ada papan penunjuk di dalamnya. Selain beberapa aktivitas tersebut, kita juga bisa melihat keindahan Baluran dari menara pandang yang ada di dekat pos Bekol. Luasnya savana, agungnya gunung Baluran, dan rindangnya hutan terlihat jelas dari atas menara ini. Tidak perlu jauh-jauh ke Afrika untuk menikmati Savana dengan binatangnya. Puas rasanya menikmati wisata alam di sini meskipun tidak semua tempat bisa kami jangkau.
Bama Beach by Intan
Sunrise in Bama
Menara Pandang. by Intan
salah satu view dari menara pandang
Jalur Tracking. By Intan

1 comment:

  1. Informasinya menarik...Syada rencana ke sana..Punya no tlp penginapan yg dekat pantai Mbak?

    ReplyDelete