Sunday, February 3, 2013

Become A Part of Kelas Inspirasi


Apa itu kelas inspirasi?
Gak jauh-jauh dari namanya, artinya kelas yang menginspirasi. Saya menganggap kelas inspirasi  sebagai kelas yang berisi orang-orang yang saling menginspirasi. Tidak peduli usia, jabatan. Silakan coba buka http://kelasinspirasi.org/ untuk tahu lebih banyak kegiatan ini.

Pertama tahu Kelas Inspirasi ini dari Facebook Indonesia Mengajar. Ya, Kelas Inspirasi ini adalah salah satu program Indonesia Mengajar. Dulu, saya dua kali mendafatar Indonesia mengajar, tapi gak lolos. Hehee.. Kali ini akhirnya saya lolos menjadi inspirator di Kelas Inspirasi. Huhuuu.. Mengharukan :D

Meskipun cuma berkesempatan mengajar sehari, tapi bangganya gak habis-habis loh. Dan di kelas inspirasi ini para inspirator yang terpilih tidak mengajar seperti guru pada umumnya. Kami harus menjelaskan profesi kami kepada adek-adek sekolah dasar yang (mungkin) belum banyak tahu bahwa pekerjaan itu buanyaaaakkkkkk sekali macamnya. Well, saya sudah bisa membayangkan bagaimana susahnya menjelaskan satu profesi di depan anak-anak SD saat saya baru pertama tahu tentang Kelas Inspirasi. Tidak akan semudah kita menjelaskan ke orang-orang dewasa. I ever did it to my lil sisters. "Arsitek itu ngapain aja sih mbak? Interior Designer itu apa?" dan segala macam pertanyaan tentang apa yang saya lakukan dalam bekerja. Apa nanti saya perlu bawa maket? Apa nanti saya ajak adek-adek menata kelasnya? Aaaah.. perlu ide yang menarik nih..

Pernah di satu perjalanan, saya dan beberapa teman sedang membicarakan anak-anak di sebuah desa yang baru saja kami kunjungi di daerah Manggarai, Flores. Tiba-tiba saja kami membayangkan kira-kira pendidikan mereka nanti sampai dimana, mau jadi apa nanti. Dan salah satu dari kami nyeletuk, "Coba tanya cita-cita mereka apa? pasti jawabannya kalo gak pengen jadi dokter, pilot, astronot, bahkan presiden. Mainstream! Pengen deh gue bilang ke mereka kalo cita-cita mereka itu kebanyakan gak realistis. Mereka gak tau gimana profesi itu."
We do agree with those statements. Sebenarnya bukan tidak mungkin cita-cita tadi menjadi real, tapi mereka belum tahu bahwa ada berbagai macam profesi yang bisa mereka cita-citakan. Dan mereka perlu tahu itu. Kebanyakan dari mereka, menjadi dokter, pilot, dan profesi mainstream lainnya adalah profesi ideal yang diidam-idamkan sejuta umat. Sayangnya, tidak semua anak-anak itu punya kesempatan untuk tahu hal itu.

Salut sekali dengan ide kelas Inspirasi yang mengambil celah tersebut. Di Kelas Inspirasi ini kami mencoba menanamkan cita-cita yang beragam kepada adek-adek sekolah dasar agar mereka bisa bermimpi sejak usia dini dan harapannya, bisa terus termotivasi hingga mimpi tersebut terwujud kelak.
Kira-kira empat atau  lima tahun lalu saya pernah membantu mengajar SD waktu Kemah Kerja Mahasiswa, Pengabdian Masyarakat beberapa hari di sebuah desa pinggiran. Rame, seru dan heboh! Hahaa.. Kali ini saya akan kembali mengajar, dengan materi yang berbeda. Hemm.. wondering how interesting it will be!

2 comments: