Tuesday, November 6, 2018

Bunda Kenapa Gak Sholat?

Ajmal mulai bertanya hal tersebut waktu usianya 3 tahun.
Saya jawab saja, "Bunda lagi haid, Nak."

Saya sudah siap dengan pertanyaan selanjutnya.
"Haid itu kenapa, Bunda?"

Anak-anak pasti punya rasa ingin tahu besar. Kenapa begini, kenapa begitu, dan seterusnya.
Saya harus bisa donk jawab. Harus jujur jawabnya dan beri bahasa yang bisa dipahami mereka.

Jika saat itu saya bilang, "Bunda gak sholat, karena bunda sakit."
Itu artinya orang sakit boleh tidak sholat. Padahal tetap wajib sholat.
Jadi, saya jelaskan saja apa adanya.

Haid itu keluar darah kotor dari badan kita. Yang haid cuma orang perempuan yang sudah dewasa. Bunda, mbah uti, mbak fina, mbak...dst (saya sebutkan wanita di keluarga kami yang sudah baligh).

And He understand.

Ia paham dan saya juga tidak berbohong. We have to be smart parent for our kids.

Dan ujungnya dia hampir selalu bertanya kepada saudara atau relasi perempuan yang tidak ikut shalat berjamaah. Hehee

No comments:

Post a Comment