Wednesday, December 19, 2012

5cm

5cm itu panjang salah satu jari kaki saya. 5cm itu seperempat dari panjang telapak tangan saya. Dan 5cm itu ketebalan buku yang paling tebal yg pernah saya baca. (Beneran, saya pernah mengukur semua itu pada saat kuliah)

5cm menjadi obrolan paling hangat beberapa hari ini. 5cm yang menjadi bahan pembicaraan ini adalah judul film dari sebuah novel dengan judul yang sama. Film Indonesia yang bercerita tentang perjalanan 5 sahabat (+1orang) waktu menaklukkan Mahameru dan mimpi-mimpi mereka masing-masing.

Pertama kali baca novel ini adalah tahun 2005, jaman SMA. Cetakan pertama bukunya. Baca novelnya pun gak beli, pinjem temannya kakak. Novel itu langsung saya nobatkan menjadi salah satu novel inspiratif saya. SUATU SAAT SAYA HARUS KE MAHAMERU!! Well, novel itu juga memberi saya keyakinan bahwa semua yang kita inginkan itu harus kita yakini, yakin bisa mendapatkannya selain berusaha tentunya.

5cm menjadi novel favorit saya yang membuat saya makin bermimpi untuk bisa sering bepergian. Hingga saat ini akhirnya mimpi traveling saya terwujud. Belum banyak tempat sih, tapi sudah cukup sering.

Setelah membaca novel itu saya selalu berharap agar 5cm difilmkan. Ternyata 7 tahun kemudian filmnya muncul!

Tapi, yang saya khawatirkan terjadi juga. Filmnya tidak sesuai ekspektasi saya pada saat membaca novelnya. Ada beberapa scenes yang dihilangkan. Misalnya mereka berkenalan dengan pendaki dari Surabaya, yang nantinya jadi suaminya Dinda. Terus si Ian yang cerita sempat ketemu sama pendaki lain yang ternyata mereka ketahui sudah meninggal. Ada jalan cerita di film yang berbeda dengan di novel. Udah gitu saya merasa beberapa pemainnya kurang representative.. Ah..bikin kecewa, meskipun kerennya ranu kumbolo dan puncak Semeru terlihat jelas di sana.

Selain itu, kenapa feelnya terasa berbeda di saat saya ke Ranu Kumbolo. Dari strugglenya, kostumnya.. Jeans bhokkk! bukan kostum gunung banget! Bawaannya yang kayaknya terlalu sedikit untuk ke puncak. Air minum apalagi, kok mereka sampe minta ke pendaki yang lain ya..

Sorry, but I'll give 3 of five stars that you have..

No comments:

Post a Comment