Sunday, June 16, 2013

Bikin Hidup Lebih Hidup

Ketika teman-temanku sibuk mikirin mau kemana weekend ini, saya sibuk mikirin bisa "leyeh-leyeh" di rumah gak ya weekend ini.
Ketika tabungan teman-temanku sudah bisa dipakai untuk beli sepeda motor tanpa angsuran, beli gadget terbaru, tabungan saya kembali ke awal saldo ketika baru mulai kerja.
Ketika teman-teman sibuk ber"haha-hihi" dengan teman-teman mereka, saya rempong ngatur jadwal ke tukang, beli material, ke klien, ngantar ibuk.
Ketika teman-teman ngeluh dengan kerjaan mereka di kantor, saya sedang pusing ngurusi permintaan atau komplain klien.
Tapi, ketika teman-teman bingung dengan kerjaannya, saya sibuk traveling, entah gratisan atau pergi sendiri :D

Enjoy. Saya enjoy dengan semua kesibukan itu.

Terdengar sombong sih, tapi semuanya punya kesibukan masing-masing. Saya seperti sok sibuk di mata teman-teman. Saya memang sedang sibuk sendiri. Sibuk ngurusi hidup saya. Kurang lebih sudah setengah tahun ini saya sok sibuk. Saya sudah gak kerja kantoran lagi seperti teman-teman. Saya kerja sendiri.

Memutuskan resign setengah tahun yang lalu itu bukan asal-asalan. Saya sudah siap dengan semua resiko yang akan saya tanggung setelahnya. Waktu itu saya butuh tantangan baru. Kerja selama 2 tahun ikut orang membuat saya hidup nyaman. Lama-lama saya terlalu nyaman sampai akhirnya merasa bosan.

Beberapa bacaan buku, blog, twitter dan media lainnya saat itu turut membentuk pemikiran saya untuk resign dan memulai usaha sendiri. Saya gak mau hidup saya "lempeng".
Resign dengan alasan akan mencoba membuka usaha kuliner dan niat terselubung agar bisa bebas traveling menjadi motivasi saya. Perlahan motivasi itu hilang berganti prioritas yang lain, yaitu memperbanyak kerja untuk ibadah, lebih dekat dengan keluarga (lha emang kamu sudah jadi ibu-ibu meh? --").

Nekat!
Tabungan saya saat itu mepet. Saya sudah mikir mau diapain tabungan ini daripada ngendon di buku tabungan. Saya putuskan untuk mendepositkan sebagian dan sebagian lagi saya putar untuk usaha. Saya habiskan uang itu untuk sekolah. Iya, sekolah kehidupan. Bermodal nekat saja ternyata gak bisa. Karena gak tekun jalaninnya, beberapa bulan usaha kuliner saya belum balik modal. Belum lagi omelan-omelan ibuk yang terus-terusan karena saya dianggap gak serius jalaninnya.

Bulan ke bulan berikutnya duit saya menipis. Proyekan belum ada yang tembus. Pontang-panting gak jelas mikirin hidup yang njelimet ini. Sempat kepikiran untuk ngantor lagi, apply lagi. Tapi kemudian saya mikir lagi, "Siklus hidup orang kerja dengan posisi pegawai itu ya itu-itu aja sih sepertinya." Saya tipe orang yang bosen dengan rutinitas. Saya benar-benar mengurangi kegiatan-kegiatan yang tidak begitu penting. Nonton, ngemall, ngumpul sama teman-teman tanpa obrolan yang kurang bermanfaat, bahkan hobi traveling pun sudah sangat berkurang.

Sampai akhirnya saya fokuskan ke ibadah. Saya ingat dengan kata-kata ibu, "Pokoknya kalo kerja itu niatnya ibadah dek. Semakin banyak uang yang kita dapat, semakin banyak sodaqoh yang kita keluarkan." Saya perbaiki sholat saya dengan cara-cara yang sudah diajarkan Ayah. Saya berdoa, meminta, curhat total ke Allah, pasrah ke Allah.
Tiba-tiba saya diumrohkan kedua orang tua saya. Alhamdulillah sekali rasanya. Gak punya duit tapi bisa sampai tanah suci.

Beberapa hari sebelum berangkat, satu kenalan menelepon dan mengajak bertemu. Alasannya pengen ngomongin tata ruang kantornya. Gak ada harapan sama sekali dari situ, saya mikirnya cuma ngobrol biasa aja. Gak taunya, saya diminta mendesain dan ngerjakan satu furniture di kantornya. Malam ketemu, besoknya langsung deal desain dan harganya. Alhamdulillahirabbil Alamiiin..
Rejeki gak kemana memang ya.. Sepulang umroh, ada satu pesan dari orang minta didesainkan renov kantornya. Saya lihat pesannya sudah seminggu yang lalu. Saya balas meskipun terlambat, gak disangka-sangka, beliau langsung minta saya datang ke kantornya dan langsung ngerjakan. Gimana gak makin bersyukur coba..

Beberapa proyek datang berurutan setelahnya. Ada klien yang rewel, ada yang susah bayarnya, ada proyek yang rugi, ada yang baiiiiikkk banget. Macam-macam tipenya. Saya berhadapan dengan berbagai karakter orang. Girang sekali rejeki tersebut datang setelah kita bersusah payah usaha dan pasrah ke Allah. Meskipun sedikit, tapi alhamdulillah saya merasa cukup. Sedikit, tapi bisa berbagi. Belum lagi tidak sekali dua kali saya dihadapkan dengan orang-orang yang membuat saya lebih bersyukur dengan kondisi apa pun yang saya alami.

Saya merasa lebih kaya dari teman-teman. Bukan kaya harta, tapi kaya pengalaman, kaya hati. Semakin banyak masalah yang saya dapat, makin matang pemikiran dan langkah yang saya ambil.
Bersyukur sekali jika orang di sekitar kita support keputusan yang kita ambil. Hidup terasa lebih hidup saat ini. Memeras keringat dengan susah payah, mendapatkan pengalaman yang gak ada hentinya, menuai hasil kerja keras kita meskipun sedikit tapi membuat bangga.

Jadi, langkah berani apa yang sudah kamu ambil?

4 comments:

  1. semangat hoobay,
    mungkin kita butuuh mundur selangkah untuk melompat lebih jauh lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti sunbae! Kudu semangat! biar hidup lebih hidup.. hehe
      Thank you advicenya, aku berguru kepadamu :D

      Delete
  2. mbak media bagus banget cerita e :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi ver :D Semoga bisa berbagi ilmu dan pengalaman terus ya :)

      Delete